Silabus Mata Kuliah Kimia Dasar
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 kuliah dan 1 praktikum
Semester : 1
Mata Kuliah Prasyarat : -
Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini membahas dasar ilmu kimia, atom, ikatan kimia, stoikiometri, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif serta ketrampilan menggunakan instrumen. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.
Standar Kompetensi : Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia.
Kompetensi Dasar | Indikator | Pengalaman Pembelajaran | Materi Ajar | Waktu | Alat/Bahan/Sumber Belajar | Penilaian |
Mahasiswa memahami Pengantar Ilmu Kimia dan hal-hal yang menjadi dasar dalam belajar ilmu kimia | Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 1. Menyebutkan definisi ilmu kimia 2. Menyebutkan perkembangan ilmu kimia 3. Menjelaskan pengertian materi 4. Menjelaskan arti reaksi kimia 5. Menjelaskan Hukum kekekalan massa | Mendiskusikan definisi, sejarah dan dasar pengetahuan yang diperlukan untuk mempelajari ilmu kimia | 1. Pengertian ilmu kimia 2. Sejarah dan perkembangan ilmu kimia 3. Pengertian materi 4. Reaksi kimia 5. Hukum kekekalan massa | 100’ | Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh materi yang ada di sekitar | Tes akhir |
Memahami tentang materi dan penggolongannya | Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 1. Menyebutkan unsur dan sifat unsur 2. Menjelaskan pengertian senyawa 3. Menjelaskan pengertian campuran dan perbedaannya dengan senyawa 4. Menjelaskan pengertian larutan dan perbedaannya dengan senyawa | Mengkaji dan Mendiskusikan unsur dan sifatnya, senyawa dan sifatnya, campuran dan sifatnya serta larutan. | 1. Unsur kimia dan sifat unsur 2. Pengertian dan sifat senyawa 3. Pengertian dan sifat campuran, jenis campuran dan perbedaannya dengan senyawa 4. Larutan sebagai bagian dari campuran 5. Pengertian larutan dan perbedaannya dengan senyawa | 100’ | Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh unsur yang ada di sekitar, tabel sistem periodik | Tes akhir |
Mahasiswa dapat memahami tentang Atom dan elektron valensi | Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 1. menjelaskan definisi atom dan penggambarannya 2. Menyebutkan perkembangan teori atom 3. Menyebutkan pengertian bagian subatomik atom 4. Menjelaskan arti elektron valensi | Mengkaji dan mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan atom, mulai dari definisi, sejarah dan bagian-bagiannya | 1. Definisi atom dan penggambarannya 2. Perkembangan teori atom 3. Pengertian bagian subatomik atom 4. Elektron valensi | 100’ | Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh konfigurasi elektron, tabel sistem periodik | Tes akhir |
Mahasiswa dapat memahami Sistem Periodik Unsur dan alasan periodisasi unsur | Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 1. Menjelaskan dan menghitung elektron valensi 2. Menyebutkan arti golongan dan periode 3. Menjelaskan urutan jari- jari atom dalam satu golongan dan satu periode 4. Menjelaskan urutan potensial ionisasi dan elektronegativitas dalam satu golongan dan satu periode | Mengkaji ulang definisi elektron valensi Mendiskusikan susunan periodik mulai golongan, periode, dan sebab-sebab mengapa terjadi periodisasi unsur | 1. Perhitungan elektron valensi 2. Susunan periodik 3. Arti golongan dan periode 4. Jari- jari atom dalam satu golongan dan satu periode 5. Potensial ionisasi dalam satu golongan dan satu periode 6. Elektronegativitas dalam satu golongan dan satu periode | 100’ kuliah di kelas 45’ tugas di rumah | Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh konfigurasi elektron, tabel sistem periodik | Tes akhir dan pekerjaan rumah |
Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan tentang Ikatan Kimia dan macam-macamnya serta menghitung massa molekul relatif dari massa atom relatif yang telah diketahui | Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 1. Menjelaskan arti Ikatan Kimia 2. Menjelaskan pengertian ikatan ionik 3. Menjelaskan pengertian ikatan kovalen 4. Menghitung massa molekul relatif | mendiskusikan penyebab unsur yang sama atau berbeda dapat saling berikatan, Menghitung massa atom relatif dari sebuah molekul | 1. Ikatan Kimia 2. Pengertian ikatan ionik 3. Pengertian ikatan kovalen 4. Massa molekul relatif | 100’ kuliah dan 60 menit pekerjaan rumah | Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik | Tes akhir Dan pekerjaan rumah |
Mahasiswa dapat mengetahui dan melakukan bermacam-macam perhitungan dasar dalam ilmu kimia | Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 1. Menjelaskan arti Konsep mol 2. Menjelaskan pengertian persamaan reaksi kimia 3. Melakukan penyetaraan persamaan reaksi kimia | Menghitung mol sebuah senyawa, Persamaan reaksi, dan menyetarakan sebuah reaksi dengan menghitung koefisien reaksi | 1. Konsep mol 2. Pengertian persamaan reaksi kimia 3. Penyetaraan persamaan reaksi kimia | 200’ Dan 75’ pekerjan rumah | Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, lembar jawaban | Tes tengah perkuliahan dan pekerjaan rumah |
memahami tentang konsep Larutan | Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 1. Menyebutkan definisi Larutan 2. Menyebutkan sifat larutan 3. Menyebutkan dan menghitung konsentrasi larutan 4. Membuat larutan | Mengkaji dan mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan larutan, belajar membuat larutan | 1. Definisi Larutan 2. Sifat larutan 3. Perhitungan yang terkait dengan konsentrasi larutan 4. Cara membuat larutan | 100’ Kuliah dan 150’ praktikum | Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, lembar jawaban | Tes tengah perkuliahan Dan praktikum |
Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan bermacam hal tentang Analisis Kimia Kuantitatif | Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 1. Menyebutkan definisi Analisis kimia kualitatif dan kuantitatif 2. Menjelaskan cara pemilihan metode dan pengambilan sampel 3. menyatakan kesalahan dan menyatakan hasil | Mengkaji analisis kimia kualitatif dan kuantitatif Menghitung tingkat kesalahan dan menyatakan hasil | 1. Analisis kimia kualitatif dan kuantitatif 2. Cara pemilihan metode dan pengambilan sampel 3. Cara menyatakan kesalahan dan menyatakan hasil | 100’ | Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, kalkulator | Tes akhir |
Memahami Reaksi asam dan basa serta standarisasi | Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 1. Menyebutkan definisi asam dan basa 2. Menjelaskan dan memberi contoh reaksi netralisasi antara asam dan basa 3. Menyebutkan definisi dan mampu menggunakan indikator 4. mengetahui Prinsip dan prosedur analisis titrimetri dan gravimetri 5. Melakukan Standardisasi secara asidi-alkalimetri 6. Melakukan Standardisasi secara iodometri 7. melakukan Standardisasi secara permanganometri 8. melakukan Standardisasi secara argentometri 9. melakukan Standardisasi secara gravimetri | Mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan asam dan basa, indikator Mempraktekkan beberapa metode standardisasi | 1. Definisi asam dan basa 2. Reaksi netralisasi antara asam dan basa 3. Definisi indikator 4. Prinsip dan prosedur analisis titrimetri dan gravimetri 5. Penggunaan indikator dalam analisis 6. Standardisasi secara asidi-alkalimetri 7. Standardisasi secara iodometri 8. Standardisasi secara permanganometri 9. Standardisasi secara argentometri 10. Standardisasi secara gravimetri | 150’ kuliah dan 9x150’ praktikum | Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, lembar jawaban, alat-alat laboratorium | Tes tengah perkuliahan dan praktikum |
Mahasiswa dapat menjelaskan bermacam hal analisis kimia kuantitatif terutama volumetri dan gravimetri | Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
| Mengkaji analisis volumetri dan gravimetri |
| 50’ | Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik | Tes akhir |
Mahasiswa dapat menjelaskan dan melakukan prinsip kerja beberapa instrumen | Setelah perkuliahan ini, Mahasiswa Mampu menjelaskan prinsip kerja dan menggunakan berbagai instrumen § Kolorimetri § Spektrofotometri § pH meter § Centrifuge § Mikrokjeldahl § Soxhlet § Kromatografi | Membahas prinsip kerja berbagai instrumen laboratorium, memperagakan dan mempergunakan instrumen tersebut | Prinsip kerja berbagai instrumen § Kolorimetri § Spektrofotometri § pH meter § Centrifuge § Mikrokjeldahl § Soxhlet § Kromatografi | 100’ kuliah dan 100’ praktikum | Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, alat-alat laboratorium | Tes akhir |
Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai golongan hidrokarbon sebagai dasar kimia organik | Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai golongan hidrokarbon dari struktur hidrokarbon, serta menggambarkan rumus struktur dan memberi nama senyawa sesuai tata nama IUPAC | Membahas definisi senyawa organik, sifat C, ikatan antar C, menggambarkan rumus strukturnya dan menamainya |
| 200’ kuliah dan 100’ pekerjaan rumah | Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol | Tes akhir dan pekerjaan rumah |
Bahan Bacaan:
1. Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
2. Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
3. Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999
4. Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982
5. Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996
Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)
Nama Dosen : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
Sri Rejeki, STP
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester : A/1
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 100 menit
Pertemuan : 1
I. Standar Kompetensi Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. |
|
II. Kompetensi Dasar Mahasiswa memahami Pengantar Ilmu Kimia dan hal-hal yang menjadi dasar dalam belajar ilmu kimia |
|
III. Indikator Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 6. Menyebutkan definisi ilmu kimia 7. Menyebutkan perkembangan ilmu kimia 8. Menjelaskan pengertian materi 9. Menjelaskan arti reaksi kimia 10. Menjelaskan Hukum kekekalan massa |
|
IV. Materi Ajar 1. Pengertian Ilmu Kimia Ilmu Kimia adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang mempelajari struktur materi, sifat materi, perubahan materi menjadi materi yang berbeda serta energi yang menyertai perubahan itu. 2. Perkembangan Ilmu Kimia Mulai ahli filsafat Yunani memperkenalkan istilah atom (tidak dapat dibagi), Pengamatan oleh Jabir ibn Hayyan (bapak ilmu Kimia) sampi ke perkembangan kimia mutakhir secara singkat. 3. Materi Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Materi dapat berupa padat, cair atau gas. Materi dibedakan dari sifat-sfat ekstensif (sifat yang tergantung bentuk, ukuran dan jumlah zat) serta sifat intensif (yang tidak tergantung hal-hal di atas). Materi dapat berubah secara kimia (menghasilkan zat baru) maupun secara fisik (tidak menghasilkan zat baru) 4. Reaksi Kimia Reaksi kimia adalah peristiwa yang terjadi ketika dua atau lebih zat bertemu dalam kondisi yang memungkinkan sehingga terjadi perubahan sifat fisik dan sifat kimia. Sangat mungkin tercipta zat baru yang sama sekali berbeda dengan zat penyusunnya. Reaksi kimia ditandai dengan : pembentukan gas, endapan, perubahan warna, dan perubahan suhu 5. Hukum Kekekalan Massa Dikemukakan oleh Lavoisier : jumlah massa zat-zat yang terlibat dalam sebuah reaksi adalah sama dengan jumlah massa setelah reaksi |
|
V. Metode/Strategi Pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini : 1. Ceramah 2. Tanya jawab 3. Diskusi 4. Penugasan |
|
VI. Tahap Pembelajaran
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
Dosen : 1. Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis 2. Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan 3. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi 4. Memberikan pertanyaan terkait dengan materi 5. Memberi evaluasi Mahasiswa : 1. Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen 2. Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas 3. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen 4. Mengerjakan evaluasi
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi |
|
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar A. Alat/Media Media pembelajaran yang dipergunakan : 1. Transparansi dan proyektor 2. Papan tulis dan spidol 3. LCD dan laptop 4. Contoh materi yang ada di sekitar B. Bahan/Sumber Belajar Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003 Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta. Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996 |
|
VIII. Penilaian A. Teknik dan instrumen penilaian 1. Tes akhir 2. Keaktifan dalam diskusi 3. Contoh soal i. Apa yang dimaksud dengan ilmu kimia? ii. Apa yang dimaksud dengan reaksi kimia? B. Kriteria Penilaian Ket: Pf : Portofolio Ps : Proses Ta : Tes tertulis Nf : Nilai formatif |
Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)
Nama Dosen : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
Sri Rejeki, STP
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester : A/1
Pertemuan : 2
Alokasi Waktu : 100 menit
Pertemuan : 2
IX. Standar Kompetensi Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. |
|
X. Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat Memahami tentang materi dan penggolongannya |
|
XI. Indikator Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 5. Menyebutkan unsur dan sifat unsur 6. Menjelaskan pengertian senyawa 7. Menjelaskan pengertian campuran dan perbedaannya dengan senyawa 8. Menjelaskan pengertian larutan dan perbedaannya dengan senyawa |
|
XII. Materi Ajar 1. Unsur kimia dan sifat unsur 2. Pengertian dan sifat senyawa 3. Pengertian dan sifat campuran, jenis campuran dan perbedaannya dengan senyawa 4. Larutan sebagai bagian dari campuran 5. Pengertian larutan dan perbedaannya dengan senyawa |
|
XIII. Metode/Strategi Pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini : 5. Ceramah 6. Tanya jawab 7. Diskusi 8. Penugasan |
|
XIV. Tahap Pembelajaran
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
Dosen : 6. Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis 7. Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan 8. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi 9. Memberikan pertanyaan terkait dengan materi 10. Memberi evaluasi Mahasiswa : 1. Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen 2. Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas 3. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen 4. Mengerjakan evaluasi
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi |
|
XV. Alat/Bahan/Sumber Belajar C. Alat/Media Media pembelajaran yang dipergunakan : 5. Transparansi dan proyektor 6. Papan tulis dan spidol 7. LCD dan laptop 8. Tabel sistem periodik D. Bahan/Sumber Belajar Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003 Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta. Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996 |
|
XVI. Penilaian A. Teknik dan instrumen penilaian 1. Tes akhir 2. Keaktifan dalam diskusi 3. Contoh soal i. Apa yang dimaksud dengan unsur? ii. Apa yang membedakan unsur, senyawa dan campuran? B. Kriteria Penilaian Ket: Pf : Portofolio Ps : Proses Ta : Tugas akhir Nf : Nilai formatif |
Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)
Nama Dosen : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
Sri Rejeki, STP
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester : A/1
Pertemuan : 3
Alokasi Waktu : 100 menit
Pertemuan : 3
I. Standar Kompetensi Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. |
|
II. Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat memahami tentang Atom dan elektron valensi |
|
III. Indikator Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 5. menjelaskan definisi atom dan penggambarannya 6. Menyebutkan perkembangan teori atom 7. Menyebutkan pengertian bagian subatomik atom 8. Menjelaskan arti elektron valensi |
|
IV. Materi Ajar 1. Struktur Atom Bagian terkecil suatu zat yang masih memiliki sifat zat itu dinamakan molekul. Molekul tersusun dari atom-atom. Atom adalah sebuah inti yang diselubungi awan elektron yang mengelilingi inti atom. Atom biasa digambarkan sebagai sebuah inti yang dikelilingi elektron-elektron dengan posisi sebagaimana planet-planet mengelilingi matahari, hanya saja setiap orbit dapat terisi lebih dari satu elektron. 2. Teori Atom Teori atom dikemukakan oleh Empedocles, Democritus dan Leucippus, Aristoteles, John Dalton, JJ Thomson dan Ernest Rutherford. Teori yang paling banyak dipakai saat ini adalah teori Rutherford yang menggambarkan atom sebagaimana tersebut di atas. 3. Bagian Subatomik atom Bagian subatomik atom adalah penyusun atom. Penyusun atom utama adalah proton (muatan +), Elektron (muatan -) dan neutron (tidak bermuatan) selain itu masih ada lagi penyusun atom tetapi tidak banyak dibicarakan. 4. Elektron valensi Elektron Valensi adalah elektron yang berada pada orbit terluar. Jumlah elektron valensi dan jumlah orbit menentukan posisi unsur dalam sistem periodik |
|
V. Metode/Strategi Pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini : 9. Ceramah 10. Tanya jawab 11. diskusi 12. Penugasan |
|
VI. Tahap Pembelajaran
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
Dosen : 11. Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis 12. Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan 13. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi 14. Memberikan pertanyaan terkait dengan materi 15. Memberi evaluasi Mahasiswa : 1. Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen 2. Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas 3. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen 4. Mengerjakan evaluasi
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi |
|
VII. Alat/Bahan/Sumber Belajar E. Alat/Media Media pembelajaran yang dipergunakan : 9. Transparansi dan proyektor 10. Papan tulis dan spidol 11. LCD dan laptop 12. Tabel sistem periodik F. Bahan/Sumber Belajar Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003 Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta. Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996 |
|
VIII. Penilaian A. Teknik dan instrumen penilaian a. Tes akhir b. Keaktifan dalam diskusi c. Contoh soal 1. Apa yang dimaksud atom? 2. Gambarkanlah konfigurasi elektron untuk Ca? B. Kriteria Penilaian Ket: Pf : Portofolio Ps : Proses Ta : tes tertulis Nf : Nilai formatif |
Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)
Nama Dosen : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
Sri Rejeki, STP
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester : A/1
Pertemuan : 4
Alokasi Waktu : 100 menit dan 45 menit tugas rumah
Pertemuan : 4
IX. Standar Kompetensi Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. |
|
X. Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat memahami Sistem Periodik Unsur dan alasan periodisasi unsur |
|
XI. Indikator Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 5. Menjelaskan dan menghitung elektron valensi 6. Menyebutkan arti golongan dan periode 7. Menjelaskan urutan jari- jari atom dalam satu golongan dan satu periode 8. Menjelaskan urutan potensial ionisasi dan elektronegativitas dalam satu golongan dan satu periode |
|
XII. Materi Ajar 7. Perhitungan elektron valensi 8. Susunan periodik 9. Arti golongan dan periode 10. Jari- jari atom dalam satu golongan dan satu periode 11. Potensial ionisasi dalam satu golongan dan satu periode 12. Elektronegativitas dalam satu golongan dan satu periode |
|
XIII. Metode/Strategi Pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini : 13. Ceramah 14. Diskusi 15. Tanya jawab 16. Penugasan dan PR |
|
XIV. Tahap Pembelajaran
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
Dosen : 16. Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis 17. Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan 18. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi 19. Memberikan pertanyaan terkait dengan materi 20. Memberi evaluasi Mahasiswa : 1. Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen 2. Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas 3. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen 4. Mengerjakan evaluasi
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi |
|
XV. Alat/Bahan/Sumber Belajar G. Alat/Media Media pembelajaran yang dipergunakan : 13. Transparansi dan proyektor 14. Papan tulis dan spidol 15. LCD dan laptop 16. Tabel sistem periodik 17. contoh konfigurasi elektron H. Bahan/Sumber Belajar Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003 Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta. Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996 |
|
XVI. Penilaian A. Teknik dan instrumen penilaian a. Tes akhir b. Keaktifan dalam diskusi c. Contoh soal 1.Apa yang dimaksud elektron valensi? 2.Mengapa dapat terjadi keteraturan penataan unsur dalam tabel susunan periodik? B. Kriteria Penilaian Ket: Pf : Portofolio Ps : Proses Ta : Tugas tertulis Nf : Nilai formatif |
Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)
Nama Dosen : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
Sri Rejeki, STP
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester : A/1
Pertemuan : 5
Alokasi Waktu : 100 menit kuliah dan 60 menit PR
Pertemuan : 5
XVII. Standar Kompetensi Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. |
|
XVIII. Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan tentang Ikatan Kimia dan macam-macamnya serta menghitung massa molekul relatif dari massa atom relatif yang telah diketahui |
|
XIX. Indikator Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 5. Menjelaskan arti Ikatan Kimia 6. Menjelaskan pengertian ikatan ionik 7. Menjelaskan pengertian ikatan kovalen 8. Menghitung massa molekul relatif |
|
XX. Materi Ajar 5. Ikatan Kimia 6. Pengertian ikatan ionik 7. Pengertian ikatan kovalen 8. Massa molekul relatif |
|
XXI. Metode/Strategi Pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini : 17. Ceramah 18. Diskusi 19. Tanya jawab 20. Penugasan dan PR |
|
XXII. Tahap Pembelajaran
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
Dosen : 21. Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis 22. Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan 23. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi 24. Memberikan pertanyaan terkait dengan materi 25. Memberi evaluasi Mahasiswa : 1. Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen 2. Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas 3. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen 4. Mengerjakan evaluasi
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi |
|
XXIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar I. Alat/Media Media pembelajaran yang dipergunakan : 18. Transparansi dan proyektor 19. Papan tulis dan spidol 20. LCD dan laptop 21. Tabel sistem periodik J. Bahan/Sumber Belajar Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003 Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta. Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996 |
|
|
XXIV. Penilaian A. Teknik dan instrumen penilaian a. Tes akhir b. Keaktifan dalam diskusi c. Contoh soal 1.Apa yang perbedaan ikatan ionik dan ikatan kovalen? 2.Berapa MR dari CaCO3? B. Kriteria Penilaian Ket: Pf : Portofolio Ps : Proses Ta : Tugas tertulis Nf : Nilai formatif |
Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)
Nama Dosen : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
Sri Rejeki, STP
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester : A/1
Pertemuan : 6-7
Alokasi Waktu : 200 menit kuliah dan 75 menit PR
XXV. Standar Kompetensi Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. |
|
XXVI. Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat mengetahui dan melakukan bermacam-macam perhitungan dasar dalam ilmu kimia |
|
XXVII. Indikator Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 4. Menjelaskan arti Konsep mol 5. Menjelaskan pengertian persamaan reaksi kimia 6. Melakukan penyetaraan persamaan reaksi kimia |
|
XXVIII. Materi Ajar 4. Konsep mol 5. Pengertian persamaan reaksi kimia 6. Penyetaraan persamaan reaksi kimia |
|
XXIX. Metode/Strategi Pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini : 21. Ceramah 22. Diskusi 23. Tanya jawab 24. Penugasan rumah |
|
XXX. Tahap Pembelajaran
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
Dosen : 26. Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis 27. Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan 28. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi 29. Memberikan pertanyaan terkait dengan materi 30. Memberi evaluasi Mahasiswa : 1. Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen 2. Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas 3. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen 4. Mengerjakan evaluasi
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi |
|
XXXI. Alat/Bahan/Sumber Belajar K. Alat/Media Media pembelajaran yang dipergunakan : 22. Transparansi dan proyektor 23. Papan tulis dan spidol 24. LCD dan laptop 25. Tabel sistem periodik 26. Lembar jawaban PR L. Bahan/Sumber Belajar Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003 Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta. Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996 |
|
XXXII. Penilaian A. Teknik dan instrumen penilaian a. Tes akhir b. Keaktifan dalam diskusi c. Contoh soal 1.Sebanyak 320 gram gas metana (CH4) dibakar dengan 1600 gram O2 dengan reaksi CH4 + O2 à CO2 + H2O 1. Setarakan persamaan reaksi di atas! 2. Berapa gram CO2 yang dihasilkan? 3. Berapa mol O2 yang tersisa? B. Kriteria Penilaian Ket: Pf : Portofolio Ps : Proses Ta : Tugas tertulis Nf : Nilai formatif |
Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)
Nama Dosen : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
Sri Rejeki, STP
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester : A/1
Pertemuan : 8
Alokasi Waktu : 100 menit dan 150 menit praktikum
XXXIII. Standar Kompetensi Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. |
|
XXXIV. Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat memahami konsep larutan |
|
XXXV. Indikator Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 5. Menyebutkan definisi Larutan 6. Menyebutkan sifat larutan 7. Menyebutkan dan menghitung konsentrasi larutan 8. Membuat larutan |
|
XXXVI. Materi Ajar 5. Definisi Larutan 6. Sifat larutan 7. Perhitungan yang terkait dengan konsentrasi larutan 8. Cara membuat larutan |
|
XXXVII. Metode/Strategi Pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini : 25. Ceramah 26. Diskusi 27. Tanya jawab 28. Praktikum |
|
XXXVIII. Tahap Pembelajaran
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
Dosen : 31. Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis 32. Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan 33. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi 34. Memberikan pertanyaan terkait dengan materi 35. Memberi evaluasi Mahasiswa : 1. Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen 2. Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas 3. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen 4. Mengerjakan evaluasi
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi |
|
XXXIX. Alat/Bahan/Sumber Belajar M. Alat/Media Media pembelajaran yang dipergunakan : 27. Transparansi dan proyektor 28. Papan tulis dan spidol 29. LCD dan laptop 30. Tabel sistem periodik 31. alat laboratorium N. Bahan/Sumber Belajar Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003 Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta. Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999 Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982 Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996 |
|
XL. Penilaian A. Teknik dan instrumen penilaian a. Tes akhir b. Keaktifan dalam diskusi c. Contoh soal 1.Apa yang dimaksud larutan? 2.Bagaimana membuat larutan 0,1M NaOH? B. Kriteria Penilaian Ket: Pf : Portofolio Ps : Proses Ta : tugas tertulis Nf : Nilai formatif |
Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)
Nama Dosen : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
Sri Rejeki, STP
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester : A/1
Pertemuan : 9
Alokasi Waktu : 100 menit
XLI. Standar Kompetensi Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. |
|
XLII. Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan bermacam hal tentang Analisis Kimia Kuantitatif |
|
XLIII. Indikator Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 4. Menyebutkan definisi Analisis kimia kualitatif dan kuantitatif 5. Menjelaskan cara pemilihan metode dan pengambilan sampel 6. menyatakan kesalahan dan menyatakan hasil |
|
XLIV. Materi Ajar 4. Analisis kimia kualitatif dan kuantitatif 5. Cara pemilihan metode dan pengambilan sampel 6. Cara menyatakan kesalahan dan menyatakan hasil |
|
XLV. Metode/Strategi Pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini : 29. Ceramah 30. Diskusi 31. Tanya jawab 32. Menghitung kesalahan |
|
XLVI. Tahap Pembelajaran
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
Dosen : 36. Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis 37. Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan 38. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi 39. Memberikan pertanyaan terkait dengan materi 40. Memberi evaluasi Mahasiswa : 1. Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen 2. Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas 3. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen 4. Mengerjakan evaluasi
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi |
|
XLVII. Alat/Bahan/Sumber Belajar O. Alat/Media Media pembelajaran yang dipergunakan : 32. Transparansi dan proyektor 33. Papan tulis dan spidol 34. LCD dan laptop 35. Tabel sistem periodik 36. kalkulator P. Bahan/Sumber Belajar Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003 Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta. Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999 Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982 Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996 |
|
|
XLVIII. Penilaian A. Teknik dan instrumen penilaian a. Tes akhir b. Keaktifan dalam diskusi c. Contoh soal 1.Apa beda analisis kimia kualitatif dan kuantitatif? 2.Bagaimana mengambil sampel untuk bahan yang berbentuk serbuk? B. Kriteria Penilaian Ket: Pf : Portofolio Ps : Proses Ta : Tugas tertulis Nf : Nilai formatif |
Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)
Nama Dosen : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
Sri Rejeki, STP
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester : A/1
Pertemuan : 10
Alokasi Waktu : 100 menit kuliah 9x150 menit praktikum
XLIX. Standar Kompetensi Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. |
|
L. Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat mengetahui dan Memahami Reaksi asam dan basa serta standarisasi |
|
LI. Indikator Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat : 10. Menyebutkan definisi asam dan basa 11. Menjelaskan dan memberi contoh reaksi netralisasi antara asam dan basa 12. Menyebutkan definisi dan mampu menggunakan indikator 13. mengetahui Prinsip dan prosedur analisis titrimetri dan gravimetri 14. Melakukan Standardisasi secara asidi-alkalimetri 15. Melakukan Standardisasi secara iodometri 16. melakukan Standardisasi secara permanganometri 17. melakukan Standardisasi secara argentometri 18. melakukan Standardisasi secara gravimetri |
|
LII. Materi Ajar
|
|
LIII. Metode/Strategi Pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini : 33. Ceramah 34. Diskusi 35. Tanya jawab 36. Praktikum |
|
LIV. Tahap Pembelajaran
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
Dosen : 41. Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis 42. Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan 43. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi 44. Memberikan pertanyaan terkait dengan materi 45. Memberi evaluasi Mahasiswa : 1. Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen 2. Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas 3. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen 4. Mengerjakan evaluasi
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi |
|
LV. Alat/Bahan/Sumber Belajar Q. Alat/Media Media pembelajaran yang dipergunakan : 37. Transparansi dan proyektor 38. Papan tulis dan spidol 39. LCD dan laptop 40. Tabel sistem periodik 41. Alat laboratorium 42. kalkulator R. Bahan/Sumber Belajar Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003 Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta. Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999 Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982 Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996 |
|
LVI. Penilaian A. Teknik dan instrumen penilaian a. Tes akhir b. Keaktifan dalam diskusi c. Contoh soal 1.Apa beda asam dan basa? 2.Apa yang dimaksud dengan indikator? 3.Apa beda titrimatri dan gravimetri? B. Kriteria Penilaian Ket: Pf : Portofolio Ps : Proses Ta : Tugas tertulis Nf : Nilai formatif |
Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)
Nama Dosen : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
Sri Rejeki, STP
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester : A/1
Pertemuan : 11
Alokasi Waktu : 50 menit
LVII. Standar Kompetensi Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. |
|
LVIII. Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat menjelaskan bermacam hal analisis kimia kuantitatif terutama volumetri dan gravimetri |
|
LIX. Indikator Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
|
|
LX. Materi Ajar
|
|
LXI. Metode/Strategi Pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini : 37. Ceramah 38. Diskusi 39. Tanya jawab 40. Penugasan |
|
LXII. Tahap Pembelajaran
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
Dosen : 46. Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis 47. Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan 48. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi 49. Memberikan pertanyaan terkait dengan materi 50. Memberi evaluasi Mahasiswa : 1. Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen 2. Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas 3. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen 4. Mengerjakan evaluasi
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi |
|
LXIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar S. Alat/Media Media pembelajaran yang dipergunakan : 43. Transparansi dan proyektor 44. Papan tulis dan spidol 45. LCD dan laptop 46. Tabel sistem periodik 47. kalkulator T. Bahan/Sumber Belajar Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003 Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta. Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999 Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982 Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996 |
|
LXIV. Penilaian A. Teknik dan instrumen penilaian a. Tes akhir b. Keaktifan dalam diskusi c. Contoh soal 1.Apa yang dimaksud analisis? 2.Apa yang dimaksud dengan analisis kimia? 3.Apa beda volumetri dan gravimetri? B. Kriteria Penilaian Ket: Pf : Portofolio Ps : Proses Ta : tugas tertulis Nf : Nilai formatif |
Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)
Nama Dosen : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
Sri Rejeki, STP
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester : A/1
Pertemuan : 12
Alokasi Waktu : 100 menit kuliah dan 100 menit praktikum
LXV. Standar Kompetensi Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. |
|
LXVI. Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat menjelaskan menjelaskan dan melakukan prinsip kerja beberapa instrumen |
|
LXVII. Indikator Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat menjelaskan prinsip kerja dan menggunakan berbagai instrumen § Kolorimetri § Spektrofotometri § pH meter § Centrifuge § Mikrokjeldahl § Soxhlet § Kromatografi |
|
LXVIII. Materi Ajar Prinsip kerja berbagai instrumen 1. Kolorimetri 2. Spektrofotometri 3. pH meter 4. Centrifuge 5. Mikrokjeldahl 6. Soxhlet 7. Kromatografi |
|
LXIX. Metode/Strategi Pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini : 41. Ceramah 42. Diskusi 43. Tanya jawab 44. Praktikum |
|
LXX. Tahap Pembelajaran
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
Dosen : 51. Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis 52. Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan 53. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi 54. Memberikan pertanyaan terkait dengan materi 55. Memberi evaluasi Mahasiswa : 1. Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen 2. Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas 3. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen 4. Mengerjakan evaluasi
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi |
|
LXXI. Alat/Bahan/Sumber Belajar U. Alat/Media Media pembelajaran yang dipergunakan : 48. Transparansi dan proyektor 49. Papan tulis dan spidol 50. LCD dan laptop 51. Tabel sistem periodik 52. Alat laboratorium 53. kalkulator V. Bahan/Sumber Belajar Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003 Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta. Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999 Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982 Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996 |
|
LXXII. Penilaian A. Teknik dan instrumen penilaian a. Tes akhir b. Keaktifan dalam diskusi c. Contoh soal 1.Jelaskan prinsip kerja spektrofotometer? 2.Bagaimana menggunakan centrifuge? B. Kriteria Penilaian Ket: Pf : Portofolio Ps : Proses Ta : tugas tertulis Nf : Nilai formatif |
Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)
Nama Dosen : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
Sri Rejeki, STP
Program Studi : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah : Kimia Dasar
Jumlah SKS : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester : A/1
Pertemuan : 13-14
Alokasi Waktu : 200 menit kuliah
LXXIII. Standar Kompetensi Mata kuliah ini diberikan dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. |
|
LXXIV. Kompetensi Dasar Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai golongan hidrokarbon sebagai dasar kimia organik |
|
LXXV. Indikator Setelah perkuliahan ini, Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai golongan hidrokarbon dari struktur hidrokarbon, serta menggambarkan rumus struktur dan memberi nama senyawa sesuai tata nama IUPAC |
|
LXXVI. Materi Ajar 1. Senyawa organik 2. Sifat khas atom karbon 3. Hidrokarbon 4. Ikatan antar karbon a. Posisi atom C b. Jenis ikatan 5. Isomer 6. Alkana
7. Alkena
8. Alkuna dan alkadiena |
|
LXXVII. Metode/Strategi Pembelajaran Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini : 45. Ceramah 46. Diskusi 47. Tanya jawab 48. Penugasan dan PR |
|
LXXVIII. Tahap Pembelajaran
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
Dosen : 56. Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis 57. Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan 58. Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi 59. Memberikan pertanyaan terkait dengan materi 60. Memberi evaluasi Mahasiswa : 1. Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen 2. Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas 3. Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen 4. Mengerjakan evaluasi
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi |
|
LXXIX. Alat/Bahan/Sumber Belajar W. Alat/Media Media pembelajaran yang dipergunakan : 54. Transparansi dan proyektor 55. Papan tulis dan spidol 56. LCD dan laptop 57. Tabel sistem periodik X. Bahan/Sumber Belajar Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003 Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta. Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999 Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982 Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996 |
|
LXXX. Penilaian A. Teknik dan instrumen penilaian a. Tes akhir b. Keaktifan dalam diskusi c. Contoh soal 1.Jelaskan perbedaan senyawa organik dan anorganik? 2.Gambarkan rumus struktur dan beri nama C6 H10? B. Kriteria Penilaian Ket: Pf : Portofolio Ps : Proses Ta : tugas tertulis Nf : Nilai formatif |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar