Selasa, 18 Oktober 2011


Silabus Mata Kuliah Kimia Dasar

Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 kuliah dan 1 praktikum
Semester                                  : 1
Mata Kuliah Prasyarat                       : -
Deskripsi Mata Kuliah            : Mata kuliah ini membahas dasar ilmu kimia, atom, ikatan kimia, stoikiometri, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif serta ketrampilan menggunakan instrumen. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium. 

Standar Kompetensi               : Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia.


Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Pembelajaran
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penilaian
Mahasiswa memahami Pengantar Ilmu Kimia dan hal-hal yang menjadi dasar dalam belajar ilmu kimia
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
       1.      Menyebutkan definisi ilmu kimia
       2.      Menyebutkan perkembangan ilmu kimia
       3.      Menjelaskan pengertian materi
       4.      Menjelaskan arti reaksi kimia
       5.      Menjelaskan Hukum kekekalan massa
Mendiskusikan definisi, sejarah dan dasar pengetahuan yang diperlukan untuk mempelajari ilmu kimia
1.             Pengertian ilmu kimia
2.             Sejarah dan perkembangan ilmu kimia
3.             Pengertian materi
4.             Reaksi kimia
5.             Hukum kekekalan massa
100’
Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh materi yang ada di sekitar

Tes akhir
Memahami tentang  materi dan penggolongannya

Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
1.      Menyebutkan unsur dan sifat unsur
2.      Menjelaskan pengertian senyawa
3.      Menjelaskan pengertian campuran dan perbedaannya dengan senyawa
4.      Menjelaskan pengertian larutan dan perbedaannya dengan senyawa
Mengkaji dan Mendiskusikan unsur dan sifatnya, senyawa dan sifatnya, campuran dan sifatnya serta larutan.

1.      Unsur kimia dan sifat unsur
2.      Pengertian dan sifat senyawa
3.      Pengertian dan sifat campuran, jenis campuran dan perbedaannya dengan senyawa
4.      Larutan sebagai bagian dari campuran
5.       Pengertian larutan dan perbedaannya dengan senyawa

100’
Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh unsur yang ada di sekitar, tabel sistem periodik
Tes akhir
Mahasiswa dapat memahami tentang Atom dan elektron valensi

Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
1.      menjelaskan definisi atom dan penggambarannya
       2.      Menyebutkan perkembangan teori atom
       3.      Menyebutkan pengertian bagian subatomik atom
       4.      Menjelaskan arti elektron valensi

Mengkaji dan mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan atom, mulai dari definisi, sejarah dan bagian-bagiannya

     1.      Definisi atom dan penggambarannya
       2.      Perkembangan teori atom
       3.      Pengertian bagian subatomik atom
       4.      Elektron valensi

100’
Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh konfigurasi elektron, tabel sistem periodik
Tes akhir 
Mahasiswa dapat memahami Sistem Periodik Unsur dan alasan periodisasi unsur
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
       1.    Menjelaskan dan menghitung elektron valensi
       2.      Menyebutkan arti golongan dan periode
       3.      Menjelaskan urutan jari- jari atom dalam satu golongan dan satu periode
       4.      Menjelaskan urutan potensial ionisasi dan elektronegativitas dalam satu golongan dan satu periode
Mengkaji ulang definisi elektron valensi
Mendiskusikan susunan periodik mulai golongan, periode, dan sebab-sebab mengapa terjadi periodisasi unsur

     1.      Perhitungan elektron valensi
     2.      Susunan periodik
       3.      Arti golongan dan periode
       4.      Jari- jari atom dalam satu golongan dan satu periode
       5.      Potensial ionisasi dalam satu golongan dan satu periode
       6.      Elektronegativitas dalam satu golongan dan satu periode
100’ kuliah di kelas 45’ tugas di rumah
Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, contoh konfigurasi elektron, tabel sistem periodik
Tes akhir dan pekerjaan rumah
Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan tentang  Ikatan Kimia dan macam-macamnya serta menghitung massa molekul relatif dari massa atom relatif yang telah diketahui

Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
     1.      Menjelaskan arti Ikatan Kimia
       2.      Menjelaskan pengertian ikatan ionik
       3.      Menjelaskan pengertian ikatan kovalen
       4.      Menghitung massa molekul relatif
 mendiskusikan penyebab unsur yang sama atau berbeda dapat saling berikatan,
Menghitung massa atom relatif dari sebuah molekul
 1.      Ikatan Kimia
 2.      Pengertian ikatan ionik
 3.      Pengertian ikatan kovalen
 4.      Massa molekul relatif
100’ kuliah dan 60 menit pekerjaan rumah
Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik
Tes akhir
Dan pekerjaan rumah
Mahasiswa dapat mengetahui dan melakukan bermacam-macam perhitungan dasar dalam ilmu kimia

Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
     1.      Menjelaskan arti Konsep mol
       2.      Menjelaskan pengertian persamaan reaksi kimia
       3.      Melakukan penyetaraan persamaan reaksi kimia
Menghitung mol sebuah senyawa,
Persamaan reaksi, dan menyetarakan sebuah reaksi dengan menghitung koefisien reaksi

     1.      Konsep mol
       2.      Pengertian persamaan reaksi kimia
       3.      Penyetaraan persamaan reaksi kimia
200’
Dan 75’ pekerjan rumah
Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, lembar jawaban
Tes tengah perkuliahan dan pekerjaan rumah
memahami tentang konsep Larutan
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
       1.    Menyebutkan definisi Larutan
       2.    Menyebutkan sifat larutan
       3.    Menyebutkan dan menghitung konsentrasi larutan
       4.    Membuat larutan
Mengkaji dan mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan larutan, belajar membuat larutan
     1.      Definisi Larutan
       2.    Sifat larutan
       3.    Perhitungan yang terkait dengan konsentrasi larutan
       4.    Cara membuat larutan
100’
Kuliah dan 150’ praktikum
Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, lembar jawaban
Tes tengah perkuliahan
 Dan praktikum
Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan bermacam hal tentang Analisis Kimia Kuantitatif

Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
 1.      Menyebutkan definisi Analisis kimia kualitatif dan kuantitatif
 2.      Menjelaskan cara pemilihan metode dan pengambilan sampel
 3.      menyatakan kesalahan dan menyatakan hasil
Mengkaji analisis kimia kualitatif dan kuantitatif
Menghitung tingkat kesalahan dan menyatakan hasil
1.      Analisis kimia kualitatif dan kuantitatif
2.      Cara pemilihan metode dan pengambilan sampel
3.      Cara menyatakan kesalahan dan menyatakan hasil
100’
Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, kalkulator
Tes akhir
Memahami Reaksi asam dan basa serta standarisasi

Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
     1.      Menyebutkan definisi asam dan basa
       2.      Menjelaskan dan memberi contoh reaksi netralisasi antara asam dan basa
       3.      Menyebutkan definisi dan mampu menggunakan indikator
        4.      mengetahui Prinsip dan prosedur analisis titrimetri dan gravimetri
        5.      Melakukan Standardisasi secara asidi-alkalimetri
        6.      Melakukan Standardisasi secara iodometri
   7.        melakukan Standardisasi secara permanganometri
   8.        melakukan Standardisasi secara argentometri
   9.        melakukan Standardisasi secara gravimetri
Mendiskusikan hal-hal yang terkait dengan asam dan basa, indikator
Mempraktekkan beberapa metode standardisasi
 1.      Definisi asam dan basa
 2.       Reaksi netralisasi antara asam dan basa
 3.       Definisi indikator
 4.      Prinsip dan prosedur analisis titrimetri dan gravimetri
 5.      Penggunaan indikator dalam analisis
 6.      Standardisasi secara asidi-alkalimetri
 7.      Standardisasi secara iodometri
 8.      Standardisasi secara permanganometri
 9.      Standardisasi secara argentometri
10.      Standardisasi secara gravimetri




150’ kuliah dan 9x150’ praktikum
Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, lembar jawaban, alat-alat laboratorium
Tes tengah perkuliahan dan praktikum
Mahasiswa dapat menjelaskan bermacam hal analisis kimia kuantitatif terutama volumetri dan gravimetri

Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
  1. Menjelaskan definisi analisis volumetri
  2. Menjelaskan definisi analisis gravimetric
Mengkaji analisis volumetri dan gravimetri
  1. Definisi analisis volumetri
  2. Definisi analisis gravimetric
50’
Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik
Tes akhir
Mahasiswa dapat menjelaskan dan melakukan prinsip kerja beberapa instrumen
Setelah perkuliahan ini, Mahasiswa Mampu menjelaskan prinsip kerja dan menggunakan berbagai instrumen
§  Kolorimetri
§  Spektrofotometri
§  pH meter
§  Centrifuge
§  Mikrokjeldahl
§  Soxhlet
§  Kromatografi
Membahas prinsip kerja berbagai instrumen laboratorium, memperagakan dan mempergunakan instrumen tersebut
Prinsip kerja berbagai instrumen
§  Kolorimetri
§  Spektrofotometri
§  pH meter
§  Centrifuge
§  Mikrokjeldahl
§  Soxhlet
§  Kromatografi
100’ kuliah dan 100’ praktikum
Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol, tabel sistem periodik, alat-alat laboratorium
Tes akhir
Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai golongan hidrokarbon sebagai dasar kimia organik
Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai golongan hidrokarbon dari struktur hidrokarbon, serta menggambarkan rumus struktur dan memberi nama senyawa sesuai tata nama IUPAC
Membahas definisi senyawa organik, sifat C, ikatan antar C, menggambarkan rumus strukturnya dan menamainya
  1. Senyawa organik
  2. Sifat khas atom karbon
  3. Hidrokarbon
  4. Ikatan antar karbon
    1. Posisi atom C
    2. Jenis ikatan
  5. Isomer
  6. Alkana
    1. Isomer
    2. Gugus alkil
    3. Tatanama
    4. Sifat alkana
  7. Alkena
    1. Isomer
    2. Tatanama
    3. Sifat alkana
  8. Alkuna dan alkadiena
200’ kuliah dan 100’ pekerjaan rumah
Transparansi dan proyektor, Papan tulis dan spidol
Tes akhir dan pekerjaan rumah

Bahan Bacaan:

1. Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
2. Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
3. Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999
4. Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982
5. Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996



Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)

Nama Dosen                           : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
                                                  Sri Rejeki, STP
Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester                        : A/1   
Pertemuan                               : 1
Alokasi Waktu                        : 100 menit
Pertemuan                               : 1


I.                   Standar Kompetensi
Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.


II.                Kompetensi Dasar
Mahasiswa memahami Pengantar Ilmu Kimia dan hal-hal yang menjadi dasar dalam belajar ilmu kimia


III.             Indikator
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
       6.      Menyebutkan definisi ilmu kimia
       7.      Menyebutkan perkembangan ilmu kimia
       8.      Menjelaskan pengertian materi
       9.      Menjelaskan arti reaksi kimia
   10.      Menjelaskan Hukum kekekalan massa


IV.             Materi Ajar
1.      Pengertian Ilmu Kimia
Ilmu Kimia adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam yang mempelajari struktur materi, sifat materi, perubahan materi menjadi materi yang berbeda serta energi yang menyertai perubahan itu.
2.      Perkembangan Ilmu Kimia
Mulai ahli filsafat Yunani memperkenalkan istilah atom (tidak dapat dibagi), Pengamatan oleh Jabir ibn Hayyan (bapak ilmu Kimia) sampi ke perkembangan kimia mutakhir secara singkat.
3.      Materi
Materi adalah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Materi dapat berupa padat, cair atau gas. Materi dibedakan dari sifat-sfat ekstensif (sifat yang tergantung bentuk, ukuran dan jumlah zat) serta sifat intensif (yang tidak tergantung hal-hal di atas).
Materi dapat berubah secara kimia (menghasilkan zat baru) maupun secara fisik (tidak menghasilkan zat baru)
4.      Reaksi Kimia
Reaksi kimia adalah peristiwa yang terjadi ketika dua atau lebih zat bertemu dalam kondisi yang memungkinkan sehingga terjadi perubahan sifat fisik dan sifat kimia. Sangat mungkin tercipta zat baru yang sama sekali berbeda dengan zat penyusunnya. Reaksi kimia ditandai dengan : pembentukan gas, endapan, perubahan warna, dan perubahan suhu
5.      Hukum Kekekalan Massa
Dikemukakan oleh Lavoisier : jumlah massa zat-zat yang terlibat dalam sebuah reaksi adalah sama dengan jumlah massa setelah reaksi


V.                Metode/Strategi Pembelajaran

Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini :
1.             Ceramah
2.             Tanya jawab
3.             Diskusi
4.             Penugasan


VI.             Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
  1. Kegiatan Perkuliahan Inti
Dosen :
1.       Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis
2.       Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan
3.       Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi
4.       Memberikan pertanyaan terkait dengan materi
5.       Memberi evaluasi
Mahasiswa :
1.       Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen
2.       Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas
3.       Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen
4.       Mengerjakan evaluasi

  1. Kegiatan Akhir
            Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi


VII.          Alat/Bahan/Sumber Belajar
A.    Alat/Media
Media pembelajaran yang dipergunakan :
                                                            1.      Transparansi dan proyektor
                                                            2.      Papan tulis dan spidol
                                                            3.      LCD dan laptop
                                                            4.      Contoh materi yang ada di sekitar

B.     Bahan/Sumber Belajar
Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996


VIII.       Penilaian
A. Teknik dan instrumen penilaian
1.      Tes akhir
2.      Keaktifan dalam diskusi
3.      Contoh soal
                                                              i.      Apa yang dimaksud dengan ilmu kimia?
                                                            ii.      Apa yang dimaksud dengan reaksi kimia?

B. Kriteria Penilaian
Ket: 
Pf              : Portofolio
Ps              : Proses
Ta              : Tes tertulis
Nf              : Nilai formatif




Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)

Nama Dosen                           : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
                                                  Sri Rejeki, STP
Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester                        : A/1   
Pertemuan                               : 2
Alokasi Waktu                        : 100 menit
Pertemuan                               : 2


IX.             Standar Kompetensi
Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.


X.                Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat Memahami tentang  materi dan penggolongannya


XI.             Indikator
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
                5.      Menyebutkan unsur dan sifat unsur
                6.      Menjelaskan pengertian senyawa
                7.      Menjelaskan pengertian campuran dan perbedaannya dengan senyawa
                8.      Menjelaskan pengertian larutan dan perbedaannya dengan senyawa


XII.          Materi Ajar
1.          Unsur kimia dan sifat unsur
2.          Pengertian dan sifat senyawa
3.          Pengertian dan sifat campuran, jenis campuran dan perbedaannya dengan senyawa
4.          Larutan sebagai bagian dari campuran
5.           Pengertian larutan dan perbedaannya dengan senyawa


XIII.       Metode/Strategi Pembelajaran

Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini :
5.             Ceramah
6.             Tanya jawab
7.             Diskusi
8.             Penugasan


XIV.       Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
  1. Kegiatan Perkuliahan Inti
Dosen :
6.       Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis
7.       Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan
8.       Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi
9.       Memberikan pertanyaan terkait dengan materi
10.   Memberi evaluasi
Mahasiswa :
1.       Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen
2.       Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas
3.       Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen
4.       Mengerjakan evaluasi

  1. Kegiatan Akhir
            Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi


XV.          Alat/Bahan/Sumber Belajar
C.     Alat/Media
Media pembelajaran yang dipergunakan :
                                                            5.      Transparansi dan proyektor
                                                            6.      Papan tulis dan spidol
                                                            7.      LCD dan laptop
                                                            8.      Tabel sistem periodik

D.    Bahan/Sumber Belajar
Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996


XVI.       Penilaian
A. Teknik dan instrumen penilaian
1.      Tes akhir
2.      Keaktifan dalam diskusi
3.      Contoh soal
                                                              i.      Apa yang dimaksud dengan unsur?
                                                            ii.      Apa yang membedakan unsur, senyawa dan campuran?

B. Kriteria Penilaian
Ket: 
Pf              : Portofolio
Ps              : Proses
Ta              : Tugas akhir
Nf              : Nilai formatif



Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)

Nama Dosen                           : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
                                                  Sri Rejeki, STP
Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester                        : A/1   
Pertemuan                               : 3
Alokasi Waktu                        : 100 menit
Pertemuan                               : 3

I.                   Standar Kompetensi
Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.


II.                Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat memahami tentang Atom dan elektron valensi


III.             Indikator
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
        5.      menjelaskan definisi atom dan penggambarannya
       6.      Menyebutkan perkembangan teori atom
       7.      Menyebutkan pengertian bagian subatomik atom
       8.      Menjelaskan arti elektron valensi


IV.             Materi Ajar
1.      Struktur Atom
Bagian terkecil suatu zat yang masih memiliki sifat zat itu dinamakan molekul. Molekul tersusun dari atom-atom. Atom adalah sebuah inti yang diselubungi awan elektron yang mengelilingi inti atom. Atom biasa digambarkan sebagai sebuah inti yang dikelilingi elektron-elektron dengan posisi sebagaimana planet-planet mengelilingi matahari, hanya saja setiap orbit dapat terisi lebih dari satu elektron.
2.      Teori Atom
Teori atom dikemukakan oleh Empedocles, Democritus dan Leucippus, Aristoteles, John Dalton, JJ Thomson dan Ernest Rutherford. Teori yang paling banyak dipakai saat ini adalah teori Rutherford yang menggambarkan atom sebagaimana tersebut di atas.
3.      Bagian Subatomik atom
Bagian subatomik atom adalah penyusun atom. Penyusun atom utama adalah proton (muatan +), Elektron (muatan -) dan neutron (tidak bermuatan) selain itu masih ada lagi penyusun atom tetapi tidak banyak dibicarakan.

4.      Elektron valensi
Elektron Valensi adalah elektron yang berada pada orbit terluar. Jumlah elektron valensi dan jumlah orbit menentukan posisi unsur dalam sistem periodik


V.                Metode/Strategi Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini :
9.             Ceramah
10.         Tanya jawab
11.         diskusi
12.         Penugasan


VI.             Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
  1. Kegiatan Perkuliahan Inti
Dosen :
11.   Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis
12.   Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan
13.   Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi
14.   Memberikan pertanyaan terkait dengan materi
15.   Memberi evaluasi
Mahasiswa :
1.       Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen
2.       Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas
3.       Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen
4.       Mengerjakan evaluasi

  1. Kegiatan Akhir
            Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi


VII.          Alat/Bahan/Sumber Belajar
E.     Alat/Media
Media pembelajaran yang dipergunakan :
                                                            9.      Transparansi dan proyektor
                                                        10.      Papan tulis dan spidol
                                                        11.      LCD dan laptop
                                                        12.      Tabel sistem periodik

F.      Bahan/Sumber Belajar
Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996

VIII.       Penilaian
A. Teknik dan instrumen penilaian
a.       Tes akhir
b.      Keaktifan dalam diskusi
c.       Contoh soal
1.      Apa yang dimaksud atom?
2.      Gambarkanlah konfigurasi elektron untuk Ca?

B. Kriteria Penilaian
Ket: 
Pf              : Portofolio
Ps              : Proses
Ta              : tes tertulis
Nf              : Nilai formatif


Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)

Nama Dosen                           : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
                                                  Sri Rejeki, STP
Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester                        : A/1   
Pertemuan                               : 4
Alokasi Waktu                        : 100 menit dan 45 menit tugas rumah
Pertemuan                               : 4


IX.             Standar Kompetensi
Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.


X.                Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat memahami Sistem Periodik Unsur dan alasan periodisasi unsur


XI.             Indikator
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
       5.    Menjelaskan dan menghitung elektron valensi
       6.      Menyebutkan arti golongan dan periode
       7.      Menjelaskan urutan jari- jari atom dalam satu golongan dan satu periode
       8.      Menjelaskan urutan potensial ionisasi dan elektronegativitas dalam satu golongan dan satu periode


XII.          Materi Ajar
     7.      Perhitungan elektron valensi
     8.      Susunan periodik
       9.      Arti golongan dan periode
   10.      Jari- jari atom dalam satu golongan dan satu periode
   11.      Potensial ionisasi dalam satu golongan dan satu periode
   12.      Elektronegativitas dalam satu golongan dan satu periode


XIII.       Metode/Strategi Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini :
13.         Ceramah
14.         Diskusi
15.         Tanya jawab
16.         Penugasan dan PR

XIV.       Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
  1. Kegiatan Perkuliahan Inti
Dosen :
16.   Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis
17.   Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan
18.   Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi
19.   Memberikan pertanyaan terkait dengan materi
20.   Memberi evaluasi
Mahasiswa :
1.       Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen
2.       Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas
3.       Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen
4.       Mengerjakan evaluasi

  1. Kegiatan Akhir
            Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi


XV.          Alat/Bahan/Sumber Belajar
G.    Alat/Media
Media pembelajaran yang dipergunakan :
                                                        13.      Transparansi dan proyektor
                                                        14.      Papan tulis dan spidol
                                                        15.      LCD dan laptop
                                                        16.      Tabel sistem periodik
                                                        17.      contoh konfigurasi elektron

H.    Bahan/Sumber Belajar
Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996


XVI.       Penilaian
A. Teknik dan instrumen penilaian
a.       Tes akhir
b.      Keaktifan dalam diskusi
c.       Contoh soal
1.Apa yang dimaksud elektron valensi?
2.Mengapa dapat terjadi keteraturan penataan unsur dalam tabel susunan periodik?

B. Kriteria Penilaian
Ket: 
Pf              : Portofolio
Ps              : Proses
Ta              : Tugas tertulis
Nf              : Nilai formatif


Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)

Nama Dosen                           : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
                                                  Sri Rejeki, STP
Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester                        : A/1   
Pertemuan                               : 5
Alokasi Waktu                        : 100 menit kuliah dan 60 menit PR
Pertemuan                               : 5

XVII.    Standar Kompetensi
Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.


XVIII. Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan tentang  Ikatan Kimia dan macam-macamnya serta menghitung massa molekul relatif dari massa atom relatif yang telah diketahui


XIX.       Indikator
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
     5.      Menjelaskan arti Ikatan Kimia
       6.      Menjelaskan pengertian ikatan ionik
       7.      Menjelaskan pengertian ikatan kovalen
       8.      Menghitung massa molekul relatif


XX.          Materi Ajar
 5.      Ikatan Kimia
 6.      Pengertian ikatan ionik
 7.      Pengertian ikatan kovalen
 8.      Massa molekul relatif


XXI.       Metode/Strategi Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini :
17.         Ceramah
18.         Diskusi
19.         Tanya jawab
20.         Penugasan dan PR


XXII.    Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
  1. Kegiatan Perkuliahan Inti
Dosen :
21.   Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis
22.   Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan
23.   Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi
24.   Memberikan pertanyaan terkait dengan materi
25.   Memberi evaluasi
Mahasiswa :
1.       Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen
2.       Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas
3.       Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen
4.       Mengerjakan evaluasi

  1. Kegiatan Akhir
           Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi


XXIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar
I.       Alat/Media
Media pembelajaran yang dipergunakan :
                                                        18.      Transparansi dan proyektor
                                                        19.      Papan tulis dan spidol
                                                        20.      LCD dan laptop
                                                        21.      Tabel sistem periodik

J.       Bahan/Sumber Belajar
Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996



XXIV. Penilaian
A. Teknik dan instrumen penilaian
a.       Tes akhir
b.      Keaktifan dalam diskusi
c.       Contoh soal
1.Apa yang perbedaan ikatan ionik dan ikatan kovalen?
2.Berapa MR dari CaCO3?


B. Kriteria Penilaian
Ket: 
Pf              : Portofolio
Ps              : Proses
Ta              : Tugas tertulis
Nf              : Nilai formatif


Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)

Nama Dosen                           : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
                                                  Sri Rejeki, STP
Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester                        : A/1   
Pertemuan                               : 6-7
Alokasi Waktu                        : 200 menit kuliah dan 75 menit PR


XXV.    Standar Kompetensi
Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.


XXVI. Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat mengetahui dan melakukan bermacam-macam perhitungan dasar dalam ilmu kimia


XXVII.          Indikator
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
     4.      Menjelaskan arti Konsep mol
       5.      Menjelaskan pengertian persamaan reaksi kimia
       6.      Melakukan penyetaraan persamaan reaksi kimia


XXVIII.       Materi Ajar
     4.      Konsep mol
       5.      Pengertian persamaan reaksi kimia
       6.      Penyetaraan persamaan reaksi kimia


XXIX. Metode/Strategi Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini :
21.         Ceramah
22.         Diskusi
23.         Tanya jawab
24.         Penugasan rumah





XXX.    Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
  1. Kegiatan Perkuliahan Inti
Dosen :
26.   Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis
27.   Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan
28.   Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi
29.   Memberikan pertanyaan terkait dengan materi
30.   Memberi evaluasi
Mahasiswa :
1.       Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen
2.       Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas
3.       Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen
4.       Mengerjakan evaluasi

  1. Kegiatan Akhir
           Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi


XXXI. Alat/Bahan/Sumber Belajar
K.    Alat/Media
Media pembelajaran yang dipergunakan :
                                                        22.      Transparansi dan proyektor
                                                        23.      Papan tulis dan spidol
                                                        24.      LCD dan laptop
                                                        25.      Tabel sistem periodik
                                                        26.      Lembar jawaban PR

L.     Bahan/Sumber Belajar
Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996


XXXII.          Penilaian
A. Teknik dan instrumen penilaian
a.       Tes akhir
b.      Keaktifan dalam diskusi
c.       Contoh soal
1.Sebanyak 320 gram gas metana (CH4) dibakar dengan 1600 gram O2 dengan reaksi CH4 + O2 à CO2 + H2O                    
1.      Setarakan persamaan reaksi di atas!
2.      Berapa gram CO2 yang dihasilkan?
3.      Berapa mol O2 yang tersisa?

B. Kriteria Penilaian
Ket: 
Pf              : Portofolio
Ps              : Proses
Ta              : Tugas tertulis
Nf              : Nilai formatif


Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)

Nama Dosen                           : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
                                                  Sri Rejeki, STP
Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester                        : A/1   
Pertemuan                               : 8
Alokasi Waktu                        : 100 menit dan 150 menit praktikum



XXXIII.       Standar Kompetensi
Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.


XXXIV.       Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat memahami konsep larutan


XXXV.          Indikator
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
       5.    Menyebutkan definisi Larutan
       6.    Menyebutkan sifat larutan
       7.    Menyebutkan dan menghitung konsentrasi larutan
       8.    Membuat larutan


XXXVI.       Materi Ajar
     5.      Definisi Larutan
       6.    Sifat larutan
       7.    Perhitungan yang terkait dengan konsentrasi larutan
       8.    Cara membuat larutan


XXXVII.    Metode/Strategi Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini :
25.         Ceramah
26.         Diskusi
27.         Tanya jawab
28.         Praktikum



XXXVIII. Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
  1. Kegiatan Perkuliahan Inti
Dosen :
31.   Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis
32.   Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan
33.   Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi
34.   Memberikan pertanyaan terkait dengan materi
35.   Memberi evaluasi
Mahasiswa :
1.       Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen
2.       Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas
3.       Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen
4.       Mengerjakan evaluasi

  1. Kegiatan Akhir
            Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi


XXXIX.       Alat/Bahan/Sumber Belajar
M.   Alat/Media
Media pembelajaran yang dipergunakan :
                                                        27.      Transparansi dan proyektor
                                                        28.      Papan tulis dan spidol
                                                        29.      LCD dan laptop
                                                        30.      Tabel sistem periodik
                                                        31.      alat laboratorium

N.    Bahan/Sumber Belajar
Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999
Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982
Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996


XL.           Penilaian
A. Teknik dan instrumen penilaian
a.       Tes akhir
b.      Keaktifan dalam diskusi
c.       Contoh soal
1.Apa yang dimaksud larutan?
2.Bagaimana membuat larutan 0,1M NaOH?

B. Kriteria Penilaian
Ket: 
Pf              : Portofolio
Ps              : Proses
Ta              : tugas tertulis
Nf              : Nilai formatif


Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)

Nama Dosen                           : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
                                                  Sri Rejeki, STP
Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester                        : A/1   
Pertemuan                               : 9
Alokasi Waktu                        : 100 menit


XLI.        Standar Kompetensi
Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.


XLII.     Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat mengetahui dan menjelaskan bermacam hal tentang Analisis Kimia Kuantitatif


XLIII.  Indikator
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
 4.      Menyebutkan definisi Analisis kimia kualitatif dan kuantitatif
 5.      Menjelaskan cara pemilihan metode dan pengambilan sampel
 6.      menyatakan kesalahan dan menyatakan hasil


XLIV.  Materi Ajar
4.      Analisis kimia kualitatif dan kuantitatif
5.      Cara pemilihan metode dan pengambilan sampel
6.      Cara menyatakan kesalahan dan menyatakan hasil


XLV.     Metode/Strategi Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini :
29.         Ceramah
30.         Diskusi
31.         Tanya jawab
32.         Menghitung kesalahan


XLVI.  Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
  1. Kegiatan Perkuliahan Inti
Dosen :
36.   Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis
37.   Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan
38.   Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi
39.   Memberikan pertanyaan terkait dengan materi
40.   Memberi evaluasi
Mahasiswa :
1.       Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen
2.       Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas
3.       Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen
4.       Mengerjakan evaluasi

  1. Kegiatan Akhir
                Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi


XLVII.           Alat/Bahan/Sumber Belajar
O.    Alat/Media
Media pembelajaran yang dipergunakan :
                                                        32.      Transparansi dan proyektor
                                                        33.      Papan tulis dan spidol
                                                        34.      LCD dan laptop
                                                        35.      Tabel sistem periodik
                                                        36.      kalkulator

P.      Bahan/Sumber Belajar
Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999
Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982
Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996



XLVIII.        Penilaian
A. Teknik dan instrumen penilaian
a.       Tes akhir
b.      Keaktifan dalam diskusi
c.       Contoh soal
1.Apa beda analisis kimia kualitatif dan kuantitatif?
2.Bagaimana mengambil sampel untuk bahan yang berbentuk serbuk?

B. Kriteria Penilaian
Ket: 
Pf              : Portofolio
Ps              : Proses
Ta              : Tugas tertulis
Nf              : Nilai formatif


Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)

Nama Dosen                           : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
                                                  Sri Rejeki, STP
Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester                        : A/1   
Pertemuan                               : 10
Alokasi Waktu                        : 100 menit kuliah 9x150 menit praktikum


XLIX.  Standar Kompetensi
Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.


L.                 Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat mengetahui dan Memahami Reaksi asam dan basa serta standarisasi


LI.              Indikator
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
 10.      Menyebutkan definisi asam dan basa
 11.       Menjelaskan dan memberi contoh reaksi netralisasi antara asam dan basa
 12.       Menyebutkan definisi dan mampu menggunakan indikator
 13.      mengetahui Prinsip dan prosedur analisis titrimetri dan gravimetri
 14.      Melakukan Standardisasi secara asidi-alkalimetri
 15.      Melakukan Standardisasi secara iodometri
16.        melakukan Standardisasi secara permanganometri
17.        melakukan Standardisasi secara argentometri
18.        melakukan Standardisasi secara gravimetri


LII.           Materi Ajar
  1. Definisi asam dan basa
  2. Reaksi netralisasi antara asam dan basa
  3. Definisi indikator
  4. Prinsip dan prosedur analisis titrimetri dan gravimetri
  5. Penggunaan indikator dalam analisis
  6. Standardisasi secara asidi-alkalimetri
  7. Standardisasi secara iodometri
  8. Standardisasi secara permanganometri
  9. Standardisasi secara argentometri
  10. Standardisasi secara gravimetri


LIII.        Metode/Strategi Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini :
33.         Ceramah
34.         Diskusi
35.         Tanya jawab
36.         Praktikum


LIV.        Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
  1. Kegiatan Perkuliahan Inti
Dosen :
41.   Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis
42.   Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan
43.   Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi
44.   Memberikan pertanyaan terkait dengan materi
45.   Memberi evaluasi
Mahasiswa :
1.       Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen
2.       Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas
3.       Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen
4.       Mengerjakan evaluasi

  1. Kegiatan Akhir
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi


LV.           Alat/Bahan/Sumber Belajar
Q.    Alat/Media
Media pembelajaran yang dipergunakan :
                                                        37.      Transparansi dan proyektor
                                                        38.      Papan tulis dan spidol
                                                        39.      LCD dan laptop
                                                        40.      Tabel sistem periodik
                                                        41.      Alat laboratorium
                                                        42.      kalkulator

R.     Bahan/Sumber Belajar
Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999
Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982
Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996


LVI.        Penilaian
A. Teknik dan instrumen penilaian
a.       Tes akhir
b.      Keaktifan dalam diskusi
c.       Contoh soal
1.Apa beda asam dan basa?
2.Apa yang dimaksud dengan indikator?
3.Apa beda titrimatri dan gravimetri?

B. Kriteria Penilaian
Ket: 
Pf              : Portofolio
Ps              : Proses
Ta              : Tugas tertulis
Nf              : Nilai formatif


Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)

Nama Dosen                           : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
                                                  Sri Rejeki, STP
Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester                        : A/1   
Pertemuan                               : 11
Alokasi Waktu                        : 50 menit


LVII.     Standar Kompetensi
Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.


LVIII.  Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat menjelaskan bermacam hal analisis kimia kuantitatif terutama volumetri dan gravimetri


LIX.        Indikator
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat :
  1. Menjelaskan definisi analisis volumetri
  2. Menjelaskan definisi analisis gravimetric


LX.           Materi Ajar
  1. Definisi analisis volumetri
  2. Definisi analisis gravimetri


LXI.        Metode/Strategi Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini :
37.         Ceramah
38.         Diskusi
39.         Tanya jawab
40.         Penugasan


LXII.     Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
  1. Kegiatan Perkuliahan Inti
Dosen :
46.   Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis
47.   Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan
48.   Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi
49.   Memberikan pertanyaan terkait dengan materi
50.   Memberi evaluasi
Mahasiswa :
1.       Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen
2.       Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas
3.       Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen
4.       Mengerjakan evaluasi

  1. Kegiatan Akhir
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi


LXIII.  Alat/Bahan/Sumber Belajar
S.      Alat/Media
Media pembelajaran yang dipergunakan :
                                                        43.      Transparansi dan proyektor
                                                        44.      Papan tulis dan spidol
                                                        45.      LCD dan laptop
                                                        46.      Tabel sistem periodik
                                                        47.      kalkulator

T.      Bahan/Sumber Belajar
Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999
Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982
Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996


LXIV.  Penilaian
A. Teknik dan instrumen penilaian
a.       Tes akhir
b.      Keaktifan dalam diskusi
c.       Contoh soal
1.Apa yang dimaksud analisis?
2.Apa yang dimaksud dengan analisis kimia?
3.Apa beda volumetri dan gravimetri?

B. Kriteria Penilaian
Ket: 
Pf              : Portofolio
Ps              : Proses
Ta              : tugas tertulis
Nf              : Nilai formatif


Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)

Nama Dosen                           : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
                                                  Sri Rejeki, STP
Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester                        : A/1   
Pertemuan                               : 12
Alokasi Waktu                        : 100 menit kuliah dan 100 menit praktikum


LXV.     Standar Kompetensi
Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.


LXVI.  Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat menjelaskan menjelaskan dan melakukan prinsip kerja beberapa instrumen


LXVII.           Indikator
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa dapat menjelaskan prinsip kerja dan menggunakan berbagai instrumen
§  Kolorimetri
§  Spektrofotometri
§  pH meter
§  Centrifuge
§  Mikrokjeldahl
§  Soxhlet
§  Kromatografi


LXVIII.        Materi Ajar
Prinsip kerja berbagai instrumen
1.      Kolorimetri
2.      Spektrofotometri
3.      pH meter
4.      Centrifuge
5.      Mikrokjeldahl
6.      Soxhlet
7.      Kromatografi



LXIX.  Metode/Strategi Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini :
41.         Ceramah
42.         Diskusi
43.         Tanya jawab
44.         Praktikum


LXX.     Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
  1. Kegiatan Perkuliahan Inti
Dosen :
51.   Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis
52.   Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan
53.   Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi
54.   Memberikan pertanyaan terkait dengan materi
55.   Memberi evaluasi
Mahasiswa :
1.       Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen
2.       Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas
3.       Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen
4.       Mengerjakan evaluasi

  1. Kegiatan Akhir
Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi


LXXI.  Alat/Bahan/Sumber Belajar
U.    Alat/Media
Media pembelajaran yang dipergunakan :
                                                        48.      Transparansi dan proyektor
                                                        49.      Papan tulis dan spidol
                                                        50.      LCD dan laptop
                                                        51.      Tabel sistem periodik
                                                        52.      Alat laboratorium
                                                        53.      kalkulator

V.    Bahan/Sumber Belajar
Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999
Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982
Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996


LXXII.           Penilaian
A. Teknik dan instrumen penilaian
a.       Tes akhir
b.      Keaktifan dalam diskusi
c.       Contoh soal
1.Jelaskan prinsip kerja spektrofotometer?
2.Bagaimana menggunakan centrifuge?

B. Kriteria Penilaian
Ket: 
Pf              : Portofolio
Ps              : Proses
Ta              : tugas tertulis
Nf              : Nilai formatif


Rencana Mutu Pembelajaran
Mata Kuliah Kimia Dasar (GIZ 11023)

Nama Dosen                           : Pramudya Kurnia, STP, M.Agr
                                                  Sri Rejeki, STP
Program Studi                         : S1 Gizi
Kode Mata Kuliah                  : GIZ 11023
Nama Mata Kuliah                  : Kimia Dasar
Jumlah SKS                            : 2 sks kuliah dan 1 sks praktikum
Kelas/semester                        : A/1   
Pertemuan                               : 13-14
Alokasi Waktu                        : 200 menit kuliah


LXXIII.        Standar Kompetensi
Mata  kuliah ini diberikan  dengan tujuan agar pada akhir pendidikan peserta didik memahami dasar ilmu kimia, prinsip-prinsip dan cara penentuan kimia, prinsip dan cara analisis kualitatif dan kuantitatif, serta terampil menggunakan peralatan laboratorium kimia. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah dan praktek di laboratorium.


LXXIV.        Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai golongan hidrokarbon sebagai dasar kimia organik


LXXV.           Indikator
Setelah perkuliahan ini, Mahasiswa dapat menjelaskan berbagai golongan hidrokarbon dari struktur hidrokarbon, serta menggambarkan rumus struktur dan memberi nama senyawa sesuai tata nama IUPAC


LXXVI.        Materi Ajar
1.                                                                          Senyawa organik
2.                                                                          Sifat khas atom karbon
3.                                                                          Hidrokarbon
4.                                                                          Ikatan antar karbon
a.       Posisi atom C
b.      Jenis ikatan
5.  Isomer
6.  Alkana
    1. Isomer
    2. Gugus alkil
    3. Tatanama
    4. Sifat alkana
7.  Alkena
    1. Isomer
    2. Tatanama
    3. Sifat alkana
8.  Alkuna dan alkadiena

LXXVII.     Metode/Strategi Pembelajaran
Metode yang digunakan dalam kegiatan kuliah ini :
45.         Ceramah
46.         Diskusi
47.         Tanya jawab
48.         Penugasan dan PR


LXXVIII.  Tahap Pembelajaran
  1. Kegiatan Pendahuluan
Dosen menyiapkan diri dan membuka perkuliahan dengan berdoa serta mengajak mahasiswa berkonsentrasi dengan berbagai pertanyaan lisan maupun tertulis dan menunjukkan tujuan perkuliahan
  1. Kegiatan Perkuliahan Inti
Dosen :
56.   Menjelaskan seluruh materi dalam pokok bahasan secara sistematis
57.   Menjelaskan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang telah disiapkan
58.   Mengajak mahasiswa berdiskusi tentang materi
59.   Memberikan pertanyaan terkait dengan materi
60.   Memberi evaluasi
Mahasiswa :
1.       Mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan dosen
2.       Mengajukan pertanyaan bila kurang jelas
3.       Menjawab pertanyaan dan mengerjakan tugas dari dosen
4.       Mengerjakan evaluasi

  1. Kegiatan Akhir
            Dosen menutup perkuliahan dengan merangkum keseluruhan materi


LXXIX.        Alat/Bahan/Sumber Belajar
W.   Alat/Media
Media pembelajaran yang dipergunakan :
                                                        54.      Transparansi dan proyektor
                                                        55.      Papan tulis dan spidol
                                                        56.      LCD dan laptop
                                                        57.      Tabel sistem periodik

X.    Bahan/Sumber Belajar
Anshory, Irfan. dan Hiskia Achmad. Acuan Pelajaran Kimia SMU. Penerbit Erlangga. Jakarta. 2003
Brady, J.E. Kimia Universitas Asas dan Struktur edisi ke-5. Binarupa Aksara. Jakarta.
Day, Jr. R.A. dan A.L. Underwood. Analisis Kimia Kuantitatif edisi ke-5. Penerbit Erlangga. Jakarta. 1999
Fatah, Achmad Mustofa dan Achmad Mursyidi. Volumetri dan Gravimetri. Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.1982
Yahya, Utoro. Dasar-dasar Kimia. Laboratorium Kimia Dasar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta. 1996

LXXX.           Penilaian
A. Teknik dan instrumen penilaian
a.       Tes akhir
b.      Keaktifan dalam diskusi
c.       Contoh soal
1.Jelaskan perbedaan senyawa organik dan anorganik?
2.Gambarkan rumus struktur dan beri nama C6 H10?

B. Kriteria Penilaian
Ket: 
Pf              : Portofolio
Ps              : Proses
Ta              : tugas tertulis
Nf              : Nilai formatif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar